Tips Merawat Hamster

ALLERT:

UNTUK SEMUANYA… SILAKAN MENUJU HALAMAN INI UNTUK KONSULTASI:

http://andryanseekyou.blogspot.com/2009/02/tips-merawat-hamster.html

Tips Merawat Hamster

Ini ada beberapa tips buat kamu-kamu yang pingin banget memelihara hamster. Binatang satu ini emang lucu banget dan menggemaskan deh. Nih, ada beberapa tips buat kamu yang udah gak tahan memelihara hamster.
Yang pertama, tentunya kamu harus punya uang dulu buat beli tuh hamster. Di daerahku (Denpasar) rata-rata harga Hamster dari Rp 25.000-Rp 60.000. Tergantung jenis Hamsternya sih!! Jangan lupa kamu beli kandangnya. Kandangnya (usahakan) besar. Masalahnyakan Hamster tuh binatang yang lincah kasian kalo kandangnya kecil. Kandangnya itu bisa dari Aquarium yang kotak persegi panjang, terus bisa yang ada di petshop. Harganya di Denpasar berkisar Rp 85.000-Rp 300.000. Kalo kamu pinter nawar kamu bisa dapet di pasar burung seharga Rp 65.000. Hahaha…
Yang kedua. Kamu harus sediain pasir halus/serbuk kayu tanpa zat kimia apapun. Ini untuk alas di kandang Hamster. Selain alas juga untuk menyerap kencing. Kalo gak ada pasti deh kencingnya menggenang. Terus sebagai alas tidur kalo misalnya dia gak tidur dirumahnya (biasanya ada dikandang2 yang dijual liat aja deh). Tempat berlindung dari panas dan dingin. Kasian dong kalo kepanasan dan kedinginan. Selain itu juga untuk buat sarang. Serbuk/Pasir diganti tiap minggu ya. Sayang entar bau kalo gak diganti. Ketebalannya bisa dari 2Cm sampai 4 Cm.
Yang ketiga. Deng-deng… Tentang makanan Hamster. Hamster adalah Omnifora yang memakan segalanya entah itu enak, gak enak, bahaya, atau sehat. Gak mau dong kalo Hamster mati cuman gara-gara makan obat nyamuk yang kamu pasang di kamar. Makanya Hamster jangan dikasi sembarangan makanan ya. Nich ada kutipan tentang makanan hamster dari (www.kaskus.us)
Makanan Hamster
Makanan hamster terbaik sampai saat ini tetap dipegang oleh makanan-makanan hamster impor buatan pabrik. Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada dan lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!)
Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
Apel,Pir,Pisang,Wortel
Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah,Kacang kulit,Kacang mete,Kacang almond,Kacang kedelai
Roti tawar,Biskuit Cracker,Oatmeal,Corn Flakes

Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster:
Selada,Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll),Ketimun

Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster:
Jeruk dan semua bangsa citrus
Cokelat
Makanan yang telah diberi bumbu

Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:
1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.

2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya suka biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayanginya bukan berarti memanjakannya!

3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik. Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda.

4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering… Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa ‘tidak tahan’ dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.
(Mohon Maaf Kalo tataannya kurang rapi!! T_Tv)
Yang keempat. Yaitu Minuman dari Hamster itu sendiri. Hamster memperoleh air dari sayuran-sayuran. Kalo misalnya kamu gak terlalu sering ngasi sayur sediakanlah botol minum kusus hamster yang dijual di petshop. Oh ya jangan lupa. Minuman hamster itu Air yang di masak jangan kasi air keran yang masih ada kuman-kumannya. Juga Kebersihan Botol harus senangtiasa bersih. Jangan juga memberikan susu manusia kasi saja susu hamster. Oh ya botolnya jangan sampai bocor. Nanti banjir lagi kandangannya.
Yang Kelima. Tips Lainnya.
1. Jangan Pernah Hamster itu basah. Boleh sih dimandikan tapi jangan sampai basah banget karena hamster itu sangat sensitive. Kalo udah terlanjur basah segeralah keringkan. Hamster itu sebenernya punya cara sendiri buat mandi loh.
2. Jangan Hamster jantan dan betina di dalam satu kandang. Sudah bisa ditebak pasti mereka berantem deh. Taruhan pasti!!! Jadi sebaiknya dipisahkan aja. Untuk ngawinin pelan-pelan aja kalo mereka berantem jangan dikawinin dulu kalo dah baikan ya! boleh.
3. Ada pertanyaan tinggalkanlah komen!! Doain aja bisa jawab. Hehehe aku juga baru memelihara hamster.
4. Daftar Ketidak Tahuan Dari (www.kaskus.us)
1.Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.
2.Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.
3.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.
4.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.

414 Balasan ke Tips Merawat Hamster

  1. dryanew mengatakan:

    di petshop banyak!!! kalo aku biasanya pake pasir pantai yang putih dan halus sebelumnya di cuci pake air panas biar ga ada garam2nya!

  2. agusset mengatakan:

    wah, ternyata saya terlalu manjain hamster saya ya. pantesan gendut banget jadinya…

    thx tips-nya ;)

  3. dryanew mengatakan:

    Wah!!! Suruh olahraga aja makanya!!! biar kurusan dikit! Hehehe!!! Tnx for coming!! ;-)

  4. netty mengatakan:

    aku punya hamster kecil….kok g gede2 ya??

    masih bayiiii terussssssss

  5. dryanew mengatakan:

    @ brianz: Puting Susunya keliatan berada di bagian bawah perut… Perhatiin Baik…2…
    Sedikit Tips… Jika Hamster Hamil pisahkan yang Jantan dengan Betina… Soalnya Yang Jantan Bakal Makan Anaknya…
    Jangan sentuh Anak Hamster dengan tangan telanjang… Induknya bisa makan anaknya karena takut dalam bahaya dan ada bau manusia yang tak di kenanya… Pakai aja sendok plastik… kalo mau diambil… tapi jangan disentuh….

    @Netty : Nah… Itu sama kayak Hamsterku… Itu pasti Hamster mini… ukurannya kecil banget dan lucu… Sekedar info… Jangan buat hamster gendut dengan memberikan makanan myang terlalu banyak karena ia bisa Mati… dan malas berolahraga di kincirnya………….

  6. Meva mengatakan:

    Duh bnr2 bingung bedain hamster hamil..bisa detail bgt ga. klo puting aku bingung bdinnya.
    dulu hamsku c lolo da sempet ngelahrn. krn aku ga tahu dy hamil, ga dipisah!jadilah pas dilihat anaknya da ga selamat…
    sejak saat itu ga hamil2 lagi.np ya?tipenya robosky..
    lalu tadinya 2 pasng tapi 1 co mati krn aku jemur(maklum baru punya).blh ga tuh hams jadi poligami gt?

  7. Drude A.G.D mengatakan:

    Boleh lah….
    Tapi 1 kandang 1 Pasang aja….
    Boleh di gonta ganti sih……
    Ceweknya 1
    cowoknya seribu…..
    Ntar tinggal pindah dari satu cowok ke cowok yang laennya….

    Masalah hamil emang nge bingungin…..
    Saran nich…..
    Kalo puting susunya keliatan banget mending langsung pisahin deh
    Biasanya kalo hamil hamster kan agresif banget dech….
    suka menyendiri
    dan perutnya membengkak pasti….
    besar maksudnya….
    moga2 membantu……

  8. A mengatakan:

    aku jadi pingin memelihara hamster nih. Pasti keren dan lucu. hahahaha…. susah gak ya ngerawatnya???

  9. Hana mengatakan:

    aaaaaaa thx bgt infonya ^^

    gw baru beli russian winter white jantan umur 4bln, gw kasi nama Boris…hehehehe.

    gw ga tau cuma boris atau hamster lain juga tingkah lakunya gini:
    -kalo tidur, serbuk kayunya suka disingkirin sampe tumpah ke luar kandangnya (kandang tipe jeruji)
    -hampir semua benda yang ada di kandangnya digigitin
    -kadang2 kalo bobo kepalanya nyelip di bawah kincirnya yg sempit bgt

    normal g y? >,<
    oiya atu lagi, hamster usia kawin umur berapa ya?
    thx b4 ;)

  10. Drude A.G.D mengatakan:

    1. Itu sengaja emang di singkirin. Hamsterku juga. Dia pasti tidur disanakan??? Nah, itu biar dia hangat. Sebenernya dia gak mau ngerepotin. Dya cuman mau ke hangatan. Makanya di singkirin. mengerti? Jadi itu normal.
    2.Nah itu juga normal. Karena, hamster kamu lagi dalam masa pertumubuhan. Giginya itu tumbuh. biar gak tajem makanya dia gigit2in benda. terutama yang keras. mungkin, giginya tumbuh jadi gatel giginya. gigit2 deh…. Normal juga….
    3.Nah ini gak apa. Tapi aku gak terlalu tau…. Hamster binatang yang elastis. jadi gak usah kuatir selama kepalanya di sana dan tak berteriak si hamster(minimal dia ada suara. cit…. cit…. gitu) nah kalo udah gitu dia di singkirin aja dari sana. Pasti dia kapok dan gak bakal ngulang lagi. ini bisa normal dan gak normal.
    4. Kalo sudah gede…. minimal dia sudah tumbuhlah….
    Hati2loh hamster anaknya bisa belimpah…. nanti gak ada uang lagi buat beli kandang karena harus di pisah….
    smoga membantu

  11. teena mengatakan:

    ak jg pny 3 hamster..
    yg 2 (jantan&btina) badane gdhe.. jenis syria (kl g slh)
    satunya lg g tw (pkoknya badane mungil abadi..)

    ak bgung ngurusinnya..
    2 jnis tu bda bgt!
    yg kcil tu agresif bgt..
    kl yg gdhe agk pemalaz bwt gerak..

    mreka ku taroh di kandang yg trpisah..
    biz katany bs brkelahi kl d campur..

    hmm..
    kira2 kl d kandangnya tu g ad mainan ap2..
    bs stres g c??
    cz kl Q taroh mainan, pasti dipanjatin bwt loncat kluar kandang..
    (aquarium)..

    gmn donk??

  12. vina mengatakan:

    bagus amat……

    terbukti deh………….

    makasih ya……….

  13. Drude A.G.D mengatakan:

    Tnx….
    Hm…. Harus ada mainan loh…. yang kincir itu…. kalo gak dia bakal mati karena kegemukan yang di sebabkan oleh jarang nya berolah raga…. gt…..
    Stres sih enggak kayaknya….
    Aquariumnya di tutup aja pake jaring kawat yang lubang lubang kecil….

  14. ahead mengatakan:

    aku pengen beli hamster ni, tapi gigit ga sih??? aku jadi ngeri kalo gigit,,,,, trims…

  15. fenny mengatakan:

    @teena: yang kecil itu mungkin jenisnya roborovski, jenis hamster paling mungil (hanya berukuran 5cm saat dewasa). ati2 kalo hamster suka gigit-gigit kandang. untuk hamster yang suka gigit kandang, pastikan bahwa kandangnya tidak terbuat dari bahan yang dilapisi cat. sebaiknya segera ganti kandangnya dengan akuarium karna itu akan mengganggu kesehatannya (cat yang terkelupas akan dimakan n buat dia sakit). dan hati2 kalo kamu flu cuz hamster rawan ketularan flu dari manusia. oya, hamster itu suka di tempat yang dingin, apalagi ber AC. kalo winter white malah bisa berubah warna bulunya…

  16. Drude A.G.D mengatakan:

    Yaiyalah Hamster ngegigit…. Tapi kalo kamu kasi rasa kasih sayang pasti gak. Di gigit itu pengalaman loh………
    Tnx buat fenny….

  17. ahead mengatakan:

    aku baru dua hari ni melihara hamster, gmana caranya supaya ga digigit yah??? ada siasatnya ga??
    btw, kalo akuarium berapa yah harganya yang kecil gitu??

  18. taftaft mengatakan:

    bu hamster gw baru melahirkan terus gw masih takut nih anaknya ntar dimakan ama bapaknya….apa perlu gw pisahin ?? terus di situs lain gw pernah baca kalo ibunya harus dikasih keju buat nambah susunya…apakah itu bener??

  19. Drude A.G.D mengatakan:

    Pake sarung tangan aja yang tebal…. kalo di gigit jadi gak kerasa…. kalo dia udah tenang di elus elus biar dia merasa nyaman……
    Bu??? I’m not Bu…. I’m bang or mas or Dik…..
    Harus di pisahin seharusnya waktu ibunya mengandung harus di pisahin…..
    Gak tau juga….. Keju???? Mungkin…..

  20. Puput mengatakan:

    Aku baru beli hamster 2 ekor (jantan dan betina), tapi sehari setelah itu ko waktu mau dipegang jariku malah digigit sampai berdarah, jd sekarang kalo mau pegang mesti pake sarung tangan, hiks…
    ap gara2 waktu baru beli pernah jatuh ke lantai waktu aku pegang ya, jd dia marah sm aku gt??

  21. Drude A.G.D mengatakan:

    Gak uga…..
    Mungkin dia masih takut geto…..
    Gak pake sarung tangan juga gak apa2 sih…..
    Mereka kan binatang pengerat jadi harus di jinakin dulu…..
    yang penting kasi “KASIH SAYANG”

  22. cyn mengatakan:

    kok dia suka ikutin tangan aku y???sama dia pernah kayak ngambek gitu gara2 waktu dia makan aku tarik makannanya..

  23. Drude A.G.D mengatakan:

    Cara bedainnya dari kelaminnya biasanya klo cowok ada testisnya calo cewek ya gak ada…………
    Makanya jangan suka iseng dong……………. Mungkin tanganmu dikira makanan geto………..

  24. teena mengatakan:

    hui..
    teena lg neh..

    ak kn pny 2 hams syria n 1 hams (yg ktnya fenny kmgknan jnis roborovski..thx fen)
    tw g c..spasang hams syiriaQ udh jd papi mami..
    cz sang btina branak!!!
    gila..
    ak liat ad sesosok merah2 gt d kandangnya..jam 12 malem boo..tgl 20 juni kmrn..yaampyuun..trnyata tu bayi2 mreka
    kaget bgt ak..
    y gmn g kaget cb?! spasang hamster itu ru Q pelihara 1mnggu..n kt yg ngasih tu,keduannya lom prnah kawin..
    jd sama2 perawan gt dh..jodoh amat mpe mreka lgsung bwt baby y..
    mang hams tu cm btuh wktu 1mggu bwt kawin mpe melahirkan ya??

    mlm tu Q liat cm 3ekor anaknya..tnpa ba bi bu..ak lgsung pndahin jantannya..karena udh ngantuk..jd Q tinggal tdr dh..tiba2 keesokan harinya..
    hwaaa..anakny 7 cui..!!!! sng c..
    skaligus bgung gmn ngrawatny..tp lm2 ak jd terbiasa..

    swatu hr..pz ak brsihin kandangny..ak dbikin kaget lg ma si induk..tiba2 dy ngluarin sesuatu dr mulutnya..
    awalny ak g merhatiin krn tu kan wajar yaa..
    tp..busyett yg dy kluarin tu mayat anaknya cui..udh buntung..
    trz ku hitung lg jml anakny..trnyata tnggal 5..hix hix..
    untung lah..mpe hr ne indukny g mkn anakny lg..
    n skr anakkny udh 2 mggu..udh mncul bulu2 halus n bs jalan2 gt..tp slaput matany lom kbuka..

    huwhuwhuw..
    gt dh critany..
    muup kpanjangan Drude!!!

    thx..

  25. Drude A.G.D mengatakan:

    Wah kurang tau juga tuch……………..
    Mungkin hamsternya ngelahirinnya prematur atau kecepetan…..
    Anak hamsternya di makann karena dia takut anaknya diapa apain ama manusia…..
    aku saranin kalo masih bayi jangan di sentuh…..
    biarin asja………
    Cerita yang bagus………………….

  26. rahmat5F mengatakan:

    wiiihhh!!! berguna bgt ni tips!!

    share pgalaman yah,,

    aku kasi hams ku makanan dri petshop. merk nya “HAMSFOOD” bgus bgt!
    buatan canada. keren bgt bisa nyampe indonesia.

    aku pny jenis luar negeri. tpi gtw namanya apa. mini gtu deh. kata yg jual,, ni agresif bgt hams nya. dan gak bakal gede mpe tua. mata nya merah. bulu nya silver kecoklatan.

    tanya dong,,

    1. kenapa hams ku gak mw naek ke lantai3 kandangnya?? pdhl rumah2an nya ada di lantai 3 kandangnya itu,, (kadang tipe karang2).
    2. dy dah gmw makan kol ma wortel lagi,,, karena dah aku kasi makan hamsfood..baik ga sih sbenarnya??

    tx bila di jwab ya mas.

  27. indri mengatakan:

    hy……..
    aku ru aja beli hamster panda……. lutcuu bgt..
    tapi masih bleng sama skali tentang cara ngerawatnya…??
    banyak tanggapan klo hamster gk boleh mandi, tapi ada jg yg bilang hamster blh aj mandi,,bgt juga dgn klo minum nya??
    yang bener yang mana….??
    oh iya…. hamster seneng bgt gak si dgn maenannya? klo maenannya gk ada gak pa2??
    satu lagi,aku beli kerikir kecil bwt alasnya, klo gk pke serbuk kayu gk papa kan>>….?? tp ku baru aja cuci kerikilnya,,kok lama bgt y keringnya…..??jadi nya untuk sementara aku smpan tisu m koran aja untuk alasnya dulu…..?? t=
    tolong bgt yaaaaa……./??
    aku masih gak ngerti apa2 tentang hamster.

  28. Drude A.G.D mengatakan:

    @rahmat5F : 1. Kurang tau juga. Hamster itu susah di tebak…. Dia itu punya prinsip “suka suka gua” jadi terserah dia geto….
    2. Gak dong. Coba aja kamu kasi hamsfoodnya dikit dikit aja terus di imbangi ama sayur sayuran. Jadi di bagi gitu… kapan dia makan hamsfood kapan dia “harus” makan sayur…

  29. Drude A.G.D mengatakan:

    Hamster sbenernya boleh mandi tapi ingat dia itu hewan padang pasir yang gak tahan ama dingin jadi pake air hangat aja…..
    Mandinya harus cepet cepet di keringin biar dia gak kedinginana……
    Hamster dapet minum dari air yang ada di dalam sayuran.
    Maenannya itu sebenernya buat olahraga dan main mainanna si Hamster……. Kalo dia gak di kasi olah raga atau maen mungkin dia bakal “stress”
    Tisu ama koran boleh aja tapi aasal streril aja…..
    Soalnya hamster suka makan apa ajaah…….
    Kalo pake krikil sich boleh ajah….. api kalo pake serbuk kayu lebih bagus…..
    Soalnya dia bisa tetap hangat……….. dan penyerap kencingnya yang “bau”

  30. rahmat5F mengatakan:

    ow gitu,,,,

    btw,,,, saiia ingn mandiin hamsy saiia nih,,,

    kalo gtu,, saiia bisa pake hairdryer gak?? bwt ngeringin badan dy gtu,,,

  31. rahmat5F mengatakan:

    MR. Drude !!!

    URGENT nih!! hamster gwe mulai menggila!!!

    masa’ dy garuk2 bdn nya sndiri sampe luka2 !!! trus bulu2nya mulai rontok!!! gawat!!!

    bls ya mas!!!

    tx 4 helping

  32. Drude A.G.D mengatakan:

    Aduh ini mungkin gara gara kutu…. Atau karena faktor lingkungan yang kotor……
    Harus di hindari coba saja bawa ke dokter hewan!

  33. rahmat5F mengatakan:

    bused!!! brp duit tuh mas??

    btw,, bs tlg kasi tw jenis2 hamster dan ciri2 nya gak?

    saiia punya sepasang dalam satu kandang.. tapi gak kawin2,, kasian,, yg satu nya tu yg luka di wajahnya tuh,, krena suka di garuk2 ma tu hamster,,

  34. kwanliang mengatakan:

    aq baru punya hamster yg baru beranak…..gemana ya cara ngerawatnya?skr bapaknya aq pisah………..thx

  35. nia mengatakan:

    thanks banget buat infonya.. aku juga baru punya hamster,, ada 2 cewe dan 2 cowo. Mereka aku taro di satu kandang.. sampe saat ini mereka belum pernah berantem sih.. ga apa2 kan kalo tetap aku satuin? Aku pinginnya kalo kawin mereka natural aja makanya aku jadiin di satu kandang.

  36. rahmat5F mengatakan:

    ada saran supaya Hamster bisa berbulu lebat dan tidak mudah rontok bulunya??

  37. Pecinta hamster mengatakan:

    hari ini aku kaget bgd, karna hammieku yang selama ini kukira cowo ngelahirin ank2nya!! sumpah kaget bgd. soalnya kata penjual hemster itu cowo. aku bngung pas liad ada merah2 gerak2 gt. hihi.. lucu jg. tp serem. kyk janin. >.<
    tp hammieku yg ngelahirin itu kyknya bda ama hammie2 yg lain. soalnya drtd ank2nya ak pegang2 trs, aku pindah2in tempatnya, aku poto2 ama induknya jg, dia ga marah. Dia anteng bgd. ak kn ga tau klo dia hamil tp selama kehamilannya itu dia benar2 ga agresif! malah jantannya yg kyk monster! slalu rebut makanan, gigit2 kandang ml. ak jd bngung. tdnya aku pkir yg agresif itu induknya. ternyata malah jantannya. moga2 aja ank2nya selamat semua!! ga ada yang di makan! hehe

  38. Drude A.G.D mengatakan:

    Agar bulu lebat rajin2 aja di sikat(ga ada sampo). Tp biasanya sih faktor hamster.

  39. rahmat5F mengatakan:

    wah2,, sikat nya pake sikat apa nih Drudge A.G.D. ?? sikat gigi bisa??

  40. Pecinta hamster mengatakan:

    kabar buruk! kemarin sore aku liad anaknya ilank 2.. mayatnya gatau kmn.. jd sekarang tgl 6.. tapi ank2nya yg lain pada lemes bgd.. uda kyk mau mati gt.. trs gw bawa ke petshop.. eh,,,, ternyata yg selama ini aku kira ibunya itu dsebenernya cowo!! jadi yg agresif itu c betinanya alias yang punya susu! ya ampun! jadinya aku tuker deh.. trs pas mlmnya aku liat ibunya mknin anknya! T.T
    sisanya kepala.. tp sekarang ga tau deh kmn.. eh bsk paginya anknya ilank 1 lg.. jd sekarang tgl 4 yg tadinya dari 8.. sedih bgd deh.. T.T
    semua gara2 aku.. coba aja aku nyadar dari dulu kalo yg agresif itu betinanya.. gatau deh besok siapa lagi yg mati.. :(

  41. mutiara mengatakan:

    thanks bgt infonya,,, gw juga miara hamster sejak 4bln yg lalu n skarang udh mlahirkan 3x,hehehe…!!!!! btw,gmn ya caranya spya smua anaknya keurus dgn baik,,,???

  42. Drude A.G.D mengatakan:

    Biasanya di pisahin ama bapaknya…. biarkan ibunya menjaga….. suhu ruangan harus hangat atau di jaga agar gak terlalu dingin

  43. velly mengatakan:

    sore Bli,

    ak mau dikasi hamster ma temenku, ga tw deh jenis yg mana, hehe yg penting akhirnya punya hamster.
    temenku bilang sih masih anakan gitu, trus maunya dikasi sepasang, jantan betina.
    nah, harus dipisah ya? soalnya temenku bilang, kalo dipisah, ntar kalo mw kawin mrk jadi brantem…
    gimana donk..
    tapi, kok aku jd ngeri juga bayangin orang tua makan anak sendiri gitu, spt hamsternya si Pecinta Hamster. Kan kasian anaknya.. >.<

  44. velly mengatakan:

    oya ketinggalan, minumnya harus air yg nggak berkuman, air mineral gitu boleh kan?

  45. cizii mengatakan:

    mr drude….
    w punya hamster yg batina nmanya MOCCA yg cwo RAMBO….
    w belinya terpisah,jd waktu itu w ebih dulu beli ci Rambo dg kandangnya sbg percobaan w untk pelihara….selang beberapa minggu w beliin lg yg betina di toko yg sma,pas w tanya jenisnya sama SYRIA gt….
    pas w kenalin ke Rambo…w dah ngebayangin w punya anak2 hamster yg lucu yg dah dari SMP w pengen pelihara…..tp yg ada mereka malah sering brantem gitu….si MOcca sang betina kadang udah ampe bunyi CIT CIT CIT…CIT…. gt ……

    n sering w peratiin jg,kadang2 mocca yg ngejar2 rambo n sebaliknya..tp tetep aja yg teriak2 si mocca…..

    MEREKA KENAPA SICH SEBENERNYA….????

    trus kok si mocca gak hamil2 yah…w bingung…padahal udah sepasang lhoh…

    apa karna perbedaan umur kali yaa???….cos waktu w beli yg betina masih 1 1/2 bln…n yg cowok di rumah w dah lumayan besar sejari tengah dech…gemuk lg….

    oia buat tau umur sang hamster gmna caranya yah…ada yg tau tak???

    btw….brokoli aman gak sih buat hamster…mereka doyan bgt soalnya…

    help m ya….capa aja dech…..ga cuma mr.drude duankkk….

  46. cizii mengatakan:

    tadi pagi w dah kelabaakab nyari2 si mocca yg betina…dia kabur…
    dia dah bisa buat w nangis2 sambil nyari nungging2 dlm rumah ke garasi..pager depan rumah….

    ekh ternyata feeling w bener jg….kalo dia masih dlm rumah…dia ngumpet di kamar nyokap w…n sukses bikin nyokap w teriak g karuan mpe loncat saking kaget…hahahahaha untug gak ke injek huhuhuhuu….

    KENAPA SECH HAMSTER ITU PALING SUKA KABUR2AN DARI RUMAHNYAAAA???

  47. Rick mengatakan:

    kk, mo nanya nech……..
    tanda-tanda hamster lg hamil gmana?
    trus bedain cowok ma cewek gmana?

  48. Drude A.G.D mengatakan:

    @Rick : Tanda hamster hamil pasti badannya semakin lama semakin besar dan puting susunya mulai terlihat.
    Cowo ada testisnya! cewek gak…..
    @Cizzy:Hamster kabur karena bosan di kamar. Sekali kali di ajak jalan jalan. Ada kok kalung untuk hamster seperti anjing…. pake itu ajah……!
    brokoli boleh aja. Hak apa kok mereka cuman main. Tapi pisahin kalo udah bersuara “sangat keras”
    @Velly: Ya bolehkok. Masak di kasi air berkuman?
    Gak harus di pisah kok. Yang penting jangan berantem aja tuh hamster!!!

  49. djt mengatakan:

    klo hamster dari jenis laen bole di gabungin gak???
    misalnya jenis roborsky sama apa gt bole dalam 1 kandang???

  50. Drude A.G.D mengatakan:

    Boleh…..
    Boleh
    Ajah………..
    Kecual;i dia lain jenis (cwe cwok)
    kalo banci ama tomboy
    kalo hamsternya gay kudu hjati2 nanti nular ke yang punya….(becanda)

  51. Dorrez mengatakan:

    hy,, ,, ,,
    info’y keren Dhc!
    aQ rue Mlihara hamster ne d’rmh. . .
    oiy, aQ mw tnya ne,,
    mkanan utma hamster tu apa ya? truz, brapa kali sehari sich hamster di beri mkan?
    n mkan nasi bleh gk? n pa hamster perlu banget di kasih minum,,?
    ya gt aja, d’jwab ya?
    cory klu terlalu byk pertnyaan…

  52. puzz mengatakan:

    nanya2 donk..
    juli kemaren aku beli sepasang winter yg umurnya masih 1 bulan, tapi yg cowo RIP pas aku titipin ke temenku..
    jd skrg tinggal si Trixie sendirian (udah 1 bulan dia ngejomblo)
    pertanyaannya..
    gpp nggak sih klo dia selamanya jomblo?
    kalo cm mo dikawinin 1x, kira2 dia bakal kesepian nggak y besok2nya? (klo dia idup sendiri lagi)

    trus tentang makanan n minuman..
    haruskah hamster dikasih minum?
    aku kasih tauge n kadang2 jagung muda (yg kecil2 itu lho, biasa buat oseng2 atau sop) sebagai ganti minum..

  53. p312m@n@ mengatakan:

    egh,,,

    q kan baru beli hamster,imoet bangt(y iyalah!) pas belinya,,dy masih sehat bin walafiat aja tuch,,,

    nyampe rumah,,masih ok!!

    udah jam 12an gitu,,dy bunyi CIIT,,,CIT,,,CIT
    ya udah,,mungkin belom terbiasa kale,, yach!!!

    ternyata egh tenyta,,,ini kejadian udah berlangsung selama 1 bulan!

    gw kagag tau tuch,,,k0q toe hamster kayak gitu,,,apa dy ngeliat setan kali yach!!!

    kayaknya kagag mungkin dech,,kan cuma anjing doankzZz yg bisa ngeliat setan!!!

    bisa dibantu g???

  54. Joshua mengatakan:

    Saya punya hamster jenis campbell versi dominan,sudah 2 x beranak tapi kemarin pas mau gw kwinkan dengan jantannya malah berantem,.gtu….! Skr uda gw pisah slama 3 minggu gmn donk solusiny..? Pls hlp me..!

  55. Drude A.G.D mengatakan:

    Hamster itu adalah binatang malam permana jadi gpp…..

  56. Drude A.G.D mengatakan:

    Joshua mungkin hamsternya kurang cocok…. kalo di satu kandangin beberapa hari mungkin terbiasa….. Tapi jangan sampai si hamster mengeluarkan bunyi penderitaan……

  57. Drude A.G.D mengatakan:

    puzz minumntya itu didapat dari sayur hijau….. Hamster itu binatang gurun dan dapaet minum dari ,akanannya…..

    Nikah gak nikah gapapa kok…..

  58. HaMSteRiA mengatakan:

    Info nicH,
    1.CAra bdain haMS co n ce,kalo dbAlik,dbwaH dbgn peruT ad 2 lubAng(itU tU yg dkeT2 buntUt)
    naH..KaLO cowoq..Jaraknya jauH..Kalo ce…JarK keDuA lubAnGNYA dkeT…MOgA bmaNFaAt ya…
    Sm atU lagi,kalo haMS udh pnya anAK,g usAH dpisahn antra ayah dan ibunya,kcuaLi hamsnya jeniS syirian…Kalo untUk cAmpBEL,winter white,n roborovsky c g usH dpSh gpP..Kshn..NNt induKnya bete sndrian…..
    MOgA bmanfaAt yaCh….

  59. djt mengatakan:

    drude, hmster wa uda ngelahirin tapi 2 anaknya koq dimakan ya????knapa tuh padahal anaknya ga di pegang loh….dari 6 sekarang tinggal 4 deh jadinya…

  60. HaMSteRiA mengatakan:

    TipS lg nich…
    Kalo hamSnya udAh pny anAk…KsH mKnN lbiH byk..N ksh toge sm daun katUk 2hri skali..SPy susunya byK…Kalo anaknya dimakan,byasanya krn mknN krG byk ato g anaknya ada yg cAcAt…..
    Moga membAntU ya…

  61. Drude A.G.D mengatakan:

    Tnx tipsnya………
    Induk makan anaknya karena dia takut anaknya kenapa2…….. Aku saja anaknya dimakan semua……….

  62. HaMSteRiA mengatakan:

    WaduH,syg bGt,cB dksH mkNn lbh byk sma taro rumah2n z diatas sRangnya…Q pny winter white sapPhire n peaRL udh pny anaK 4 ekor…g dmKAn induK n jantannya….Skarang udH hamiL lg n bqin sarang…CobA dksH toge aja…BiaR segEr n suBuR..Jd cpeT pnya anAk n bsa djuAL dEh..Lmyn wat bli makanan yg berkuALitAS n serbuk…He,he,
    (^_^)
    eh,mw tanya,harga hamster roborovski dpSrn brapa c..Q mw beli tp dsni mahAL bgt…Q tgGL djakarta…Ksh infO yAaAa….

  63. djt mengatakan:

    hah! murah amat di banding d jakarta harganya 100rebuan 1 ekor lagi…

    mau dong..

  64. Drude A.G.D mengatakan:

    Makanya kesini kalo mau beli hamster…..
    hohohohohohohoho……
    smua poada mrah kok!!!

  65. Andien mengatakan:

    gw baru melihara hamster…jenis syrian…sepasang,,,lucu bgt…apalgi kalo dah malem…mereka lari terus di treadmilnya…ngegemesin bgt…tp yang co nya tuh jadinya gendut bgt…gw takut obesitas dan mati…

  66. Ramon mengatakan:

    eh,gw baru punya hamster. jenisnya Syrian.mulai tgl 15 Oktober kemaren kok dia kayaknya sakit yah?
    pas siang dia emang tidur sih…tapi kok pas udh
    malem dia belum bangun2 .trus klo malem dia juga gak mau
    main dan olahraga di kandangnya.matanya ketutup terus.dan
    jalannya jd lambat.trus napsu makannya kurang. kenapa sich?
    tlg bales yah.makasih.

  67. lalala mengatakan:

    eii..
    bwtt hmster ntw bgusan serbuk kayuu
    aphh pasirr c??heheh

  68. Drude A.G.D mengatakan:

    @lalala
    Hm… serbuk kayu saaja… Kalao pasir cocoknya buat si Hamster mandi….(Ada pasir kusus seharga 20rebu)

  69. Drude A.G.D mengatakan:

    @ramon
    Mungkin bhisa sakit… Kamu selidiki saja dulu…
    Kalo dia sampe parah banget kayak gitu lebih baik ke dokter hewan saaja!!!

  70. shena mengatakan:

    baGooozzz.trnyata banyak juga yang suka ma hamster,hAAAAA.
    waaah…sumpah gw bru tau..trnyata jagung hanya makanan pendamping!!cZ udah 1th lbh gw melihara hamster makanan pkok’y ya jagung cZ udh berkali2 gw kasih makanan yang kering mereka kurang begitu suka.jd selama itu hamster gw d ksih jagung mlu,tp alhmdllh g knp2.

    N jujur gw seneng bngt ngasih hamster gw cOklat.biz enk tngn Qta d jilat2..

    thanks yaaa mAzzz drUde.

    gw juga mo ksh komentar bwt yang takut di gigit hamster.”tak kenal maka tak sayang,tak sayang maka tak cinta”.cara berkenalan hamster dengan manusia yaaa dengan gigitannya….btw gw pernah pny hamster hampir 20 dr 1 hamster????believe or not

  71. Drude A.G.D mengatakan:

    @ Shena: Waw, habt yach… Prok2 Prok2….

    Ya, bner banget…. Q pnah di gigitin terus…. Auuh… Sakit bangedh…. Hiks… Tapi, sekrang gak lagi kok ^^V!!!

    Tnx U!

  72. yogi mengatakan:

    katanya ngga’ blh kasih makan jagung , wortel ? trus makanx apa?

  73. Drude A.G.D mengatakan:

    @Yogi: siapa bilang gak boleh??? Boleh kok tapi, gak banyak2!!!

  74. ferra mengatakan:

    apa lagi yang bisa dibuat alasnya akuarium selain pasir dan abuk kayu? 2 hari stelah aku beli hamster dia beranak…aku gak thu dimana harus jagain anaknya…mahu dipisahkan gak…

  75. ferra mengatakan:

    lazimnya hamster boleh hidup selama berapa tahun?? lama gak??anak hamster yang baru lahir perlukan berapa minggu untuk tumbuh bulunya???? bisa gak hamster diberi makan salad??

  76. Drude A.G.D mengatakan:

    @ Fera: Salad??? Mungkin gak ya… Kalo mayonaisenya(tulisannya gimana ya) itu gak pakek pengawet atau racun bagi binatang, mungkin boleh!!!!
    Hidup hamster lumayan lama. Tapi, tidak lebih dari 4 tahun, sama seperti tikus.(Tau dari Harpot)…
    Alas bisa pake koran/kertas yang gak mengandung racun untuk si Hamster. Kertas/koran itu di potong kecil2 seperti serpihan. kemudian di tabur deh…
    Anaknya di pisah saja!!!

  77. ferra mengatakan:

    tapi bila diletak kertas yang dah digunting kecil,dimakannya kertas itu..gimana ya??? bisa gak

  78. ferra mengatakan:

    anak hamster yang baru lahir perlukan berapa minggu utk tumbuh bulunya????
    thank you very much yah!!!!!

  79. abe mengatakan:

    wah, aq punya hamster tp bingung ngerawatnya. dlm 1 bulan aja hamsterq yg tdny 4 ekor udah jd 20 ekor…. ada yg minat ga sm hamsterq? lucu2 lho… q ksh gratis….. thx

  80. shena mengatakan:

    cZ aQ pny Pngalaman.prtama2 aQ d ksh hamster ibuQu jg ska tp paZZ ngeliat Aqu d gi2t (msh mending di gi2t biasa)tp sampai tu hamster melingkar ke tangan Qu trz lama g di lepaz(gra2 pZ lg kwin aQu gnggu)…akhr’ ibuQu hny memndang sblh mta sama hamsterQu.hUUU…hikss.skt’y nyeri banget smpai 2 hari nyeri’y g ilang2.tp gw ttp g kapok kalo d gigt lg.hEE.
    oi ya Qu mO tny dOng akhr2 ni hamsterQu brantem mlu knp ya???pdhal mrka dr satu ibu n dah lma aQu satuin, n mrka cwo smua.knp yaaa???

  81. Drude A.G.D mengatakan:

    @Ferra:Untuk anak Hamster tumbuh bulu paling tidak 2 Minggu setelah lahir!

  82. Drude A.G.D mengatakan:

    @Shena: Maaf saya kurang tahu… Coba kunjungi Pet Zone

  83. nisa mengatakan:

    aku punya hamster robo sepasang, dr 2 bulan yang lalu sampe skrg ga berantem2 tuh, tp td pagi aku liat hidungnya ada yg berdarah.. itu kenapa ya? apa karena berantem? kalo mereka selama ini satu kandang gpp kan ya?
    waaa sedih bgt ngeliat hidungnya berdarah,,
    gmn cara nyembuhinnya ya?
    huhu thanks yaaa

  84. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    Aduh, saya kurang tau. Secara bukan dokter hewa…..
    Mungkin hamsternya sakit….

    Kalo satu kandang ga barantem gpp… Kalo berentem itu yang gawat….

  85. Tguh mengatakan:

    Aq pnya 2(cow-cew) hamster,aq gabungin 1kandang..tp mn prnh mrka bertengkar..mrka harmonis..
    Hamster tu jarang minum kah??tp pas aq kasih mimum mrka lahap minumx,kyk kehausan gtu nah..gpp kah??

  86. Tguh mengatakan:

    Tipsny bgs bgt lho..trtolong jadiny..:-)..
    Salam kenal buat kalian semua..

  87. tguh mengatakan:

    salam kenal mua….
    hai hai….
    tipsny berguna banget lho….
    makasih makasih….
    blh tnyak2 gag????
    aq pny 2(cow-cew) hamster….meraka pada msh kecil….kbnyakan orang bilang hamster beda kelamin kl di kumpulin 1 kandang bakal tengkar….apa iya????hamster q pada harmonis malahan….
    trus,cara mereka gurau kyk apa??cra mereka tengkar jg kyk apa????
    tolong dunk….
    reply y????sp aja deh….

  88. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @tguh:
    Ya, normalnya begitu…

    Normalnya hamster suka bertengkar kalo lain jenis,,,
    Kadang juga tidak….
    Kalo tengkar biasanya mereka guling2 gitu sambil ada suara2 kecil kayak kesakitan gitu…

    Kalo maen mungkin maktu mereka kejar2an terus mereka “ketawa’ gitu…

  89. Tguh mengatakan:

    Nanya2 lg blh kah??hihi..
    Hamster q kn kadang aq lepas d dalem kamar..tp dia sering jilatin tembok..
    Sbnrx ngap.seh?gpp kah buat hamster??

  90. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    Temboknya di cat dengan cat tembok yang non-toxic ga???

    Lebih baik ga usah deh…
    Hamster kamu aneh de…

    Aku seh biasa lepasin gitu,,, Tapi dia lari2 kayak orang gila!!

  91. Astrid mengatakan:

    Alow gimana cara membuat hamster nya jinak yah? apakah harus sering di pegang dan di elus?
    Boleh yah hamster di lepasin di kamar? Sering2 ato jarang? Thanks ya

  92. Boedy mengatakan:

    Wahhh rame juga ya blog nya.
    Oh ya hari ini aku baru aja beli 4 ekor Hamster Robo White Face. Lucu-lucu :) Ini pertama kali aku pelihara hamster.
    Aku mau tanya nich masalah pencahayaan untuk hamster. Apakah hamster membutuhkan cahaya terang, redup atau gelap?
    Lalu untuk makanan, apakah ada takaran khusus? Aku khawatir juga kalau hamsterku terkena obesitas. Ini aja setelah aku kasih makan langsung menggelembung. Kayaknya mereka menyimpan cadangan makanan di mulutnya ya? Apakah benar demikian

  93. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @Astrid: Boleh sih… Asal kamarnya aman aja buat tuh Hamster…

    Satu lagi, Hamster itu kalo mau dijinakin harus sabar! Tergantung dari sifatnya sendiri…. Ok? Sabar aja kalo sering2 digigitin!!!

  94. xninethree mengatakan:

    mau nanya nih..
    katanya hamster gak bole di kasi minum ya..?
    soalnya bisa diare..?

    katanya bagusan kasi makan jagung aja,karna dari jagung juga uda ada airnya..?

    bener gag..?

    thanks ya untuk yang ngejawab :D

  95. Defhine mengatakan:

    eh..eh..
    klo dah punya anak..
    trus yang cowok minta kawin lagi tuh wajib di pisahin kah..??

  96. Netty mengatakan:

    TidaAak hamst gw mati smua. Gr2 gw g ksh makan. Skrg gw pux hamy bru. Jnis roborovsky, gILA KUECILL smalest hamMy. Ikz

  97. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    Kalo mau kawin gabungin aja! Ga apa apa!

  98. Faqih mengatakan:

    Hamster gratis!!!!
    - 5 ekor anakan umur 1 bulan (harus di ambil semua)
    - sepasang indukan (kemungkinan lagi hamil)
    - semua jenis roborovsky

    syarat:
    - Pecinta binatang khususnya hamster
    - Mau merawatnya dengan baik dan benar
    - Berminat Hub +6281548154123

    *** jangan lupa bawa kandang saat pengambilan

  99. mitta mengatakan:

    kalo hmstr ku, slalu aku gabungin walaupun berantem. tapi nanti diem aja! trus melahirkannya aku juga gatau! tiba tiba dah ada anak aja!

  100. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    Oooohhh…

    Mungkin aja waktu mereka berantem itu secara gak sengaja kita gak tau, dia lagi M* (Disensor)…

    Ya, sapa taukan???

  101. ezoel mengatakan:

    Hi, mau tanya2 nih, saya masih baru di dunia hamster. saya dikasih hamster sepasang tapi gk tau jenisnya apa, warnanya putih, ada garis abu2 di punggungnya, kira2 jenis apa ya?
    -kalo hamster yang lagi hamil itu tanda2nya gimana?
    -terus kapan harus dipisah jantan dan betinanya?
    yang aku peratiin keduanya selalu tampak bersama sama, tapi yang satu badannya gemuk setelah beberapa hari di rumah, takutnya hamil gitu, padahal aku gk tau jg yang mana co mana cw =P
    -satu lagi nih, aku kasih pipa paralon sekitar 10cm lah, terus yang satu tidur terus di dalemnya, sampai badannya ada bau pesingnya gitu, mungkin pipisnya di situ jg kali ya, kira2 pipanya tetep di situ atau aku angkat aja biar hamsternya tidur di pasir/serbuk kayu???
    terima kasih nih sebelumnya, mohon bantuannya sebagai pemula nih…

  102. ruliff mengatakan:

    Hi…semua…salam kenal…
    i mau curhat nih maslah ham ku.
    i beli 2 pasang ham WW tgl 1 nov usia 2 bulanan. tgl 1 des melahirkn 7 ekor, lalu kucing bpk ku mau makan mrk smua tp krn di dlm toples jadi slamet dehhhh. tp krn indukx kaget di makan tuh 2 ekor anakx,,,untung slamat 5 ekor, skarang dah 2 bln.

    1. i mo nanya kok, indukx sampai skarang blom hamil2 lagi. trus betina yg satux juga, berarti skarang dah 5 bln bln hamil juga,… knp yaa….apa ada teman2 yg tahu ?
    2. apa ham ku itu madul ? jantan ato betinax ya?::cry::
    kalo mandul kok betinax sempat melahirkan……
    3. apa kira2 pengaruhx sampai saat ini blom hamil2 lagi? makanan yg kuberikan makanan import, i lupa namax, tapi terdiri dari byk macam, mungkin sekitar 5 macam biji2n,termasuk biji kuaci…
    4. apa i harus/coba ganti penjantan ya….
    5. i ada di makassar, apa ada teman2 yg tau tempat jugal ham berbagai jenis di makassar?
    tx

  103. alcastra mengatakan:

    bos, gw ada pertanyaan seputar hams gw :

    1. hams gw tipe syiria, pasangan

    2. yg cow (si redster gw kasih nama karna matanya merah, kalo gelap terang banget) didekat buntutnya itu ada benjolan gede, makin hari makin gede, itu kenapa ya…?, klo gw liat di web katanya sich itu normal, tp apa bisa ilang tu benjol ?

    3. makanan yg sering gw kasih : pelet ikan warna merah yg kecil2, timun dipotong kecil2, kuaci, kadang2 wortel, itu masalah gak ya …?, emang sich, kalo dah 2 hari kandangnya jadi bau gitu…

    4. kalo yg cew (si jamster gw kasih nama, singkatan dari JAtinegara haMSTER, hehehe…), kayaknya lagi hamil, taunya lagi hamil kan keliatan puting (maaf ya..) agak besar, bener gak ?, trus kira2 langkah apa yg mesti gw lakuin biar aman pada saat sekarang ?

    5. Tolong jawab dengan segera….

  104. tiar mengatakan:

    aq dah sering bgt plihara hamster…
    10 kali.. tp g pernah hamil”..
    trus 2bln yg lalu aq beli lg..

    yg cewek agresif bangetz, naik”, gigit”, bnyk tingkah deh.. tp yg cow tidur terus d rumah”an kecil dlm kandangQ…

    koq jd kebalik gt?? yg mo aq tny gmn ya biar hamster cpt hamil?? trus klo hamil tu biasanya brapa bln??

    thanx a lot..

  105. Mha mengatakan:

    Hualo.. salam kenal..
    newbie nih.. Gw piara:
    Jantan WW pearl (lahir 20 Desember 2009)
    Betina WW saphire (lahir 19 desember 2009)
    gw piara mereka sejak umur 3 minggu, dan biasanya akur2 aja, bobo bareng, maen bareng, makan bareng..

    sejak minggu lalu si jantan suka “naek2″ betinanya, tampaknya mau beranak.. trus tiba2 si betina jadi agresif, gigit, tendang n cakar si jantan, tpaksa gw sekat kandang aquariumnya(tp mrk bs slg liat ko)

    nah, kalo ham2 gw hamil, bukannya papanya perlu bantu ngerawat babies? apa gapapa dipisah? gw takut jantannya luka… trus makanan apa yg perlu gw kasih k si ibunya? katanya kalo kurang nutrisi nanti anak2nya dimakan… hikz..

    sementara ini gw kasi vitakraft menu, snacknya oats, kacang ijo, kacang tanah, ragi, kacang kedelai, ganti2an 2x sminggu.. kadang dikasi kuaci juga.. n ga pernah dikasih sayuran, (takut wet tail..) apa sehat?

    O iya, kalo ada yg tau alamat petshop di bandung yg fokus sama ham2 kasih tau ya? selama ini petshop2 yg gw datengin fokus ma kucing n anjing doang.. thankz yupz..

  106. vany mengatakan:

    Quw punya hamster, namanya momo dan popo. momo tuh cewek n popo tuh cowok…
    Momo tuh sering banget nganiaya popo, soalnya momo lebih gede dari popo… pokoknya popo tuh kasian bgt….
    Suatu hari, pas momo lagi mukulin popo, aq marahin momo…
    truz besoknya momo kabur…!!! dia udah gag ada di kandangnya, yang ada cuma popo…
    ..
    Gimana nih…? Apa momo ngambek ya gara” aq marahin…?
    Aq khawatir bgt nih….
    Kasih solution dunks….
    ..
    ..
    thanks…

  107. vemmy mengatakan:

    kook hamster winter white aku lebih agressive dibandingkan yg jantan, apa memang seperti itu?
    saya punya empat hamster, 2roborovski, dan 2winter white, mereka ssering kali ingin keluar kandang, apakah itu wajar?
    lalu hamster2 saya suka sekali menggaruk2 tubuhnya, apakah wajar juga?
    apakahj saya dapat memberikan bedak untuk hamster saya?
    tx alot..hehehe

  108. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @Vemmy
    1. Sifat hasmter itu berbeda beda
    2. Yups, keluarkan saja… Sama seperti kita.. lama lama pasti gak betah di rumah
    3. Ada bedak kusus hamster mungkin… Anda bisa membeli pasir mandi si Hamster…

    Ok, Thanks atas kunjungannya…

  109. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @ Vany
    1. 100% bukan kesalahan anda. Ada faktor kandang dan lain lainnya. Mungkin mereka hanya bermain. Biarkan saja… tapi, kalo memang si Popok, eh, POpo sering menjerit(baca: memekik pelas) baru itu masalah.
    Makanya di pindahin dan jangan di gabungin cowok ma cewek yang gak seumuran… Jadi gitu dhe…

  110. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @alcastra:
    1.
    2. Iya, normal saja… Itu merupakan (sori) testis sang hamster… Jadi wajar tambah gede… Sama kayak kita… Selalu tumbuh
    3.Tidak
    4.Pisahkan dari yang cow… SEGERA!!!!!!!!
    5. Ok…

  111. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @Mitta:
    Tergantung dari sang hamster… Mungkin kalo sudah 2-4 minggu…

    @ruliff:
    1. Mungkin mereka (betina dan jantan) belum merasa cocok…
    2. berarti jantannya yang mungkin bermasalah
    3. Diharapkan begitu

    Semoga berhasilll

  112. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @Ezoel…
    1. Puting susunya kelihatan
    2. secepat mungkin
    3. angkat saja…

  113. bee mengatakan:

    apa boleh hamster dikasih banyak touge?
    aku mau tanya,dulu q punya 4 hamster salah satu hamster yang betina setelah hampir 1 bulan kurawat,tiba-tiba,perutnya membesar seperti membengkak terus dari daerah V nya keluar darah hingga besuknya dia mati,kira-kira kenapa ya?

  114. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @bee:
    Hm… Sebanyak apa dulu?
    Kasi tougenya sebagai cemilan saja… Makanan utamanya kasi yang dari kemasan itu, yang ada banyak macem itu,,, yang dari impor maupun lokal…
    Kalau saya kasi touge setiap sore sdikit diktinya…(kurang lebih 10 buah touge)
    Hm… saya kurang tau… karena saya tidak terlalu tahu tentang penyakit pada hamster…
    Trims…

  115. ezoel mengatakan:

    Kalau kacang2an dikasih yang sudah di goreng/kacang kemasan atau yang masih mentah?
    Kalau diliat2, puting susunya belum ada tapi badannya makin gemuk aja, sedangkan yang cowo biasa2 aja kurus gitu, apa itu normal?
    mengenai pasir, diganti setiap berapa lama?
    soalnya setiap kali saya ganti baru langsung gak berapa lama udah basah lagi di pipisin….

  116. rv mengatakan:

    aku mau tanya,bukannya hamster ga boleh dimandiin dengan air ya? tapi pakai pasir khusus hamster? dan lagi hamster itu bakalan berantem kalo di dalam kandang itu ada hamster yg sejenis? dan ada 1 info lagi,kalo hamster udah melahirkan kan mesti pisahin jantan satu kandang dan betina dan anaknya di kandang lain

  117. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @ezoel:
    Kasih yang mentah tapi di rebus (matang) saja… Dari kemasan kayaknya banyak pengawetnya…
    Bahaya…
    Hamster TIDAK BOLEH GENDUT, karena gampang REST IN PEACE soalnya… Makanya kasi roda putar di kandanganya biar dia olah raga,,, Ok?
    Seminggu sekali kalau bisa… Saya sih kalau sudah kotor aja di ganti… Berkisar antara 1-2 Mingguan gitu… Soalnya saya punyanya hamster mini yang kecil… Jadi ga repot… Hahahaha
    Kalau mau di ganti sama serbuk kayu aja… Berikan yang tebal pada kandangnya agar mudah terserap!!!
    Terima kasih!

  118. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @RV:
    Mandi emang tidak boleh dimandikan… Tapi, sebenernya boleh ASALKAN dikeringkan langsung dan tidka basah2 amat badannya….
    Iya, pakai pasir yang harganya berkisar antara 20-50 ribu rupiah (wilayah denpasar)
    Ya, mereka akan brantem!
    Iya, saya sudah tau… Trims…

  119. zefa mengatakan:

    aduh, bingung makanannya yang mesti diperhatiin banyak bgt. gw baru mlihara hamster 1 hari.haha.kalo makanannya dari hamsfood aja apa2 ngga?ato mesti yang lain?mau dums sarannya buat awal2 gimana, yang gag terlalu ribet.hheee

  120. hanna mengatakan:

    hamster ku kebanyakan nih yang campbell..
    tadinya cuma 2 ekor, tapi terus beranak dan akhirnya sekarang jadi 20 ekor lebih.. DX

    terus ada satu yang bulunya rontok, kayaknya sih dia gatel-gatel, udah aku pisahin sama yang lain.
    tau cara nyembuhinnya gak?
    pake obat apa ya? apa pake vitamin hamster aja cukup?
    makasih.. :D

  121. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @ZEFA:
    1. Boleh kok
    2. Take care aja buat hamsternya… Gampang kok ngerawatnya… dari kasi makan, mandi(pasir/2minggu sekali lah), dan tidurnya… Perhatiin juga serbuk kayunya, ya?
    Thanks!

  122. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @Hanna:
    1. Hebat… Di jual./kasi minta ke orang aja…
    2. Kasi mandi pasir Hamsternya… Makan-nya di jaga…
    3. Untuk lebih lengkapnya coba saja konsultasi di dokter hewan,… Thanks!

  123. zefa mengatakan:

    wah aku ga pake serbuk kayu, pake pasir, kata mas2nya yang jual, ga bagus buat bulunya.dia jenis winter wet kalo ga salah, yg bulunya abu2, bukan winter biasa katanya.lucu deh. kalo mandi pasir wanginya tiap pagi ga boleh?kan biar wangi.hehe.trus kalo mau beliin temen tapi yang cewe juga bisa ga ya?abis kalo cowo ntar mreka nikah. oiya, thx infonya =)

  124. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @zefa:
    Boleh kok pake Serbuk kayu… Asal serbuknya halus saja dan bikinan pabrik!!! Karena ada juga serbuk kayu yang gak jelas asal usulnya yang menganduk zat kimia berbahaya buat hamster….
    Boleh saja… Mandi pasirkan ga ada efek sampingnya (kecuali, cepat habis uangnya buat beli pasir… HEhehehee)
    Boleh saja… Tapi tetep ingat ya… Kalo beda jenis di pisahin… Biar gak bertengkar…. Kalo di gabungin natar takut nya gimana mana… Thanks…

  125. ezoel mengatakan:

    Bro, mo tanya lagi nich, untuk roda puter udah ada kok, cuma untuk gendutnya itu saya gak ngerti, badannya itu emang terlihat lebih besar dari yang satunya, padahal waktu pertama kali dateng ukurannya sama, walaupun lebih gede badannya tapi kalo lagi saya angkat badannya gak terlalu padat, yang saya takutkan sedang hamil, tapi puting susunya tidak ada, saya sudah cek.
    kira2 ada tanda2 lain untuk mengetahui Hamieku sedang hamil?
    mungkin dari tingkah lakunya atau apa gitu yang mudah terlihat, soalnya sampai sekarang mereka berdua masih akrab berdua-duaan dan si gendut itu suka membalikkan badannya dan menggigit-gigit miss V dan sekitarnya, mungkin gatal atau gimana gitu.
    Satu lagi, mengenai toge, apakah boleh di berikan setiap hari?
    setiap hari saya kasih sekitar 10 batang toge, saya pernah kasih lebih dari 10 tapi tidak habis.

  126. joe mengatakan:

    mau tanya klo makanan utama hamster ap??
    klo snack nya ap yg bagus buat hamster?? brp bnyk??

    trz selama 2 mgg ini saya ksh hamster saya wortel di parut

    kl saya kasih tmpt bekas bola tenis di dlm aquarium (buaT TDR NYA) gpp??

    mohon bantuannya

  127. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    1. Hm,… Makanan kemasan… Impor maupun Lokal bisa….
    2. Cukup secuil saja… Bisa sayuran, bauh, atau bijian… Ga bleh banyak2
    3. Ga pa pa
    4.Ga pa pa juga

  128. Denidut mengatakan:

    Hallo salam kenal kk Andryan
    Aku termasuk peminat hamster yg masih awam
    mo tanya,
    Kalo campbell tipe biasa ama tipe panda boleh digabung 1 kandang?

    Kalo mereka kawin ntar anaknya gak cacat genetika?

    Tipe Campbell yg biasa itu warnanya macem2 ya?

    Lebih baik pakai kandang Aquarium ato jeruji?

    Thx atas infonya

  129. nanta mengatakan:

    Gw bru bli hams, n gw blinya di luar kota..nympe rumah gw bru tau klo hams perlu pasir buat mandi..di tmpat Gw ga ada petshop, jd ga bisa beli pasirnya..

    apa boleh di ganti pake pasir pantai yang kering??????

    thx

  130. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @denidut:
    1. Boleh… Asal sesama jenis aja…(cowok2 atau cewek2)
    2. Ga juga… Tergantung nanti gimana… Bisa ya ataupun tidak…
    3. Aquarium

    @NAnta:
    Ga bisa…. Tapi sebenarnya pasir mandi itu tidak terlalu penting. Yang penting itu kebersihan kadang aja!!

    Thanks,… Buat yang lain… Kalau mau contact lebih dekat tentang hamster kunjungi web saya yang baru di:

    http://andryanseekyou.blogspot.com/2009/02/tips-merawat-hamster.html

  131. anggi mengatakan:

    knp seh kebanyakan org bilang Hamster itu lucu bagi gw hamster hewan yg menjijikan n’ menyebalkan because seperti tikus

  132. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @ ga juga… Itu tergantung orang aja!

  133. Mario mengatakan:

    ngomong2, hamster perlu gunting kuku ngga sih? Soalnya, hamsterku yang lama yg udah meninggal waktu diteliti ternyata ada bekas cakaran di lehernya.. Disinyalir asalnya dari garukan gara2 kegatelan..

  134. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    @Mario: Boleh… Tapi tentu saja guntingnya bukan gunting kuku manusia ya??? Pake gunting kecil aja…
    Makanya… Kandangnya dijaga biar bersih,,,

    Tolong ya??? UNTUK INFO LAINNYA SILAKAN ke:

    http://andryanseekyou.blogspot.com/2009/02/tips-merawat-hamster.html

    Blog ini mau pindah alamat… Hehehehe Thanks!!

  135. Ari KatiK mengatakan:

    Anggi, tikus ma hamster tu beda!
    Tikus giginya lonjong, panjang, gde, dll
    Hamster enggak!

  136. Tyas mengatakan:

    Hamster2 itu ngegemesin bgt sih..
    Kalo lg skul jd kgn trz!
    Hehehe..

  137. Rin-rin mengatakan:

    Hi…met kenal ya…gw bru 1 minggu nie bli hmster truz gw bingung bwt ngebedain ya mana co n ce…ksh tau donk kak…thanks bwt tips2 nya ya

  138. Andryan Si Womanizer mengatakan:

    Iya,,,,
    Lam kenal jga….
    Cowo itu ada testiskelnya di bawah perutnya….
    Itu saya perbedaan paling mencolok!

  139. Har!ez mengatakan:

    Hallo slm knal smwa w har!Ez nubee bgt tntang hamster. W kan bli hamster spasang krna sking syngna ma tu hamy w pgng mulu tu hamster ce nya eh hamsternya gk betah lgsg TERJUn BEBAS dari tgn w .W lgi brdiri lgi udeh bsk na “ina lilahi wa ina lilahi raji’un” hiks sdh deh .Tigl co doank deh .Tpi unik nih tiap siank matanya picek satu tapi malemna biasa matanya ni kenapa yah? Krn ke gtu w bri nama banditos deh (ky bandit gt picek satu) bis tu blh gk tiap hari d ksh biji bunga matahari ? N klo hamster di beri minum pk tmpt bukan dot khusus blh gk ? Tlg donk para kk2 skalian .

  140. david horison mengatakan:

    menurut gw bayi hams itu menyusu antara 2 minggu s.d. 3 minggu.
    tergantung, loe mang mo diapain?
    kalo kaga dijual or dikawini lg y 2 minggu jg ckp.
    thx.
    lam knal.. david

  141. david horison mengatakan:

    ada yg mo beli hams ku ga?
    jenis winter…
    ada white pearl, safir, violet, n blue argente..
    hehe..
    jk b’minat hub. no.085880401515.
    thx

  142. Gaz mengatakan:

    salam kenal, gw br plhra hamster jenis winter n kok hamster gw satu kerjaannya tdr mll ya?
    n gimana sih cara ngejinakin hamster biar g gi2t wkt gw pegang?

  143. kakak mengatakan:

    saya sudah 1 tahun lebih merawat Mighty,hamster saya.Saya biasa beli serbuknya di Carrefour tetapi sekarang di Carrefour sudah tidak ada lagi stand yang jual itu.beli dimana ya??

  144. nhandhoe_gladiatore mengatakan:

    gw pnya spasank hmster. . .
    jnis cambell. . .
    wrna na abu2. . .
    kek mna sech dpetin warna yg beda. . . ?
    thax. . .

  145. agek mengatakan:

    wowww
    ternyata ..
    aku jg tinggal di dnpasar lho,,
    tpi knp hamsterku gak mw ngedot ya ??
    gak pernah aku liat dy ngedot
    trs gmn caranya biar mreka bisa punya baby ??
    tengkyuww

  146. nuet-noet mengatakan:

    wwoooyyyy
    hamster kku si nuet-noet ga maw olahraga ndek kincirx nhe,,
    gmna nie??

    apha gra2 kincirx ke2cilan?

  147. Cipak mengatakan:

    hamsterku lucu bgt lho!setia lagi…karena sampe skarang dah setahun lebih.Kubeli 10 februari 2008.Lucu lho… tapi kasian kan alasnya koran,because saya tdk tau beli serbuk kayunya dimana,dulu sih bli di carrefour,tp dah g ada lagi,bli dimana??????????

  148. Cipak mengatakan:

    wooooooooooooooooooooooiiiiiiiiiiiiiiii jawab doooooooooooooooooooooooooooong!yg gak jawab………………JAHAT!!!TDK TAU PERASAAN!!

  149. aziz mambro mengatakan:

    gw baru beli’in anak gw hamster, anak gw umur 4 th, kira2x ada masalah gak yah antara hamster dgn pertumbuhan anak balita?

  150. kakak syifa mengatakan:

    hamster kakak,si mikti alasnya koran,karena tdk tau beli serbuk kayu dimana,memangnya dimana belinya (di jak-tim,condet&sekitarnya)

  151. cipak mengatakan:

    eh,petshop dimana siih????
    mohon jawabannya ya,demi Mighty!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  152. hand mengatakan:

    mas q punya hamster nih…
    baru sih….
    pertanyaanx bgmN carx hamster bisa lari/muterin roll ya…..?
    makasih….
    djwb ya…

  153. rifky mengatakan:

    hamster gua dimakan kucing sialan tuh kucing…..
    yg dimakan yg jantan,,,,
    tapi sebelum dimakan yg betina suka gigit2 jantanya???
    itu kenapa ya???
    trus kalo gua msukin tangan ke kandang di pasti ngejar…..
    tapi mdah2an yg betinanya tu dah hamil…

  154. hand mengatakan:

    kok hamsterq jt ganas ya tanganq dmkn….
    n biji bunga matahari yang q ksh langsung dmkn ga dikupas sm dia……?knp ya…..?

  155. nuet-noet mengatakan:

    makanan pkokna hamster apan she?

    hamster qu ska gigitn kndangna nich!! ntu knapa y?
    byar dy ga ggtn kndngna agy gmn?

  156. cipak mengatakan:

    kunjungi aku ya…di blogku yang serru abis.lebih seru dari yang kamu bayangin!!!
    Kunjungi,ya…ini blog terseru :

    http://andryanseekyou.blogspot.com

    ada cerpen seru,tips2,info game,dll.

  157. suabranks mengatakan:

    mz mz, mbak mbak……..telat banget ak baca cara ngerawat hamster disini….huhuhuhuhuhu saat ni hamster ak yg cewe lagi mengerang kesakitan….dan yg cowo telah mendahuluinya……gara2 ak kasih CHOKLAT……

    mohon doanya semoga ni cewe selamat yah…….baru pertama ngerawat udah mbunuh….. ~.~ nyesel

    jangan ditiru

  158. Andryan mengatakan:

    BREAKING NEWS!!!!!!!!!!!!

    Sebenarnya induk hamster kamu tuh ga bakal makan anak2nya kalo ga kamu pegang.
    Hamster adalah binatang pengerat yang mengandalkan hidung dan gigi. Ketika kamu menyentuh bayi2 hamster itu, otomatis si Induk merasa bahwa bayi2 tersebut bukan bayi2nya karena bau yg terdapat pada bayi hamster tersebut telah terkontaminasi dgn bau lain (kulit manusia) sehingga si induk tidak dapat mengenali bayi2nya lagi.

    Thanks buat Tommy yang udah Kasi tau!

  159. BinTangmutznSuaBraNkz mengatakan:

    kk adrian,3 hari ne hamsterku yang cewe pantatnya basah trs,,,trs kalo dideketin ma cowonya bunyi2 trus….
    aq kasian ma yang cewenya jadina aq pisahin….
    boleh ga si sebenernya dipisahin?
    apa mreka lagi “kawin” ya???
    ko lama bgd kawinnya mpe 3hari gtu?

  160. cipak mengatakan:

    ke blogku yuk,tapi dari berbagai sumber dan ada foto/video hewanku-nya dari galery ku sendiri.tapi kalo tips merawat hamster,tips menghindari sariawan,atau gambar2 unik itu emang copy paste.tapi tetep seru kok…. http://kakcipa.blogspot.com
    kasih komentar,ya…dan jangan musuhin kakcipa,maaf kalo kakcipa ada salah…blog ini juga bagus kok.daripada blogku yang ada beberapa yang copy paste…. hamster itu imut ya…hamsterku namanya Mighty Marmut Islam,lucu lho.tips,ya :
    kalo kasih nama untuk hamster yang bermakna…
    Mighty = kuat,besar.
    Marmut = biar se marmut
    Islam = Selamat dunia-akhirat..
    hehehehehehehehehehehehe…

  161. barry mengatakan:

    Hi bro, mau share n tanya niy, aku punya sepasang Hamster, ce-co. Aku bersihin kandang 3hr skali, segala sesuatu nya aku lengkapi demi kebahagian mrk, dr kandang yang besar yang lengkap dgn berbagai mainannya, toilet, pasir, serbuk kayu, makanan (vitakraft),buah (2hr skali), biji matahari stiap hr (dengan jumlah yang sdikit), air minum, dan ngajak jalan/keluar kandang tiap malem,,
    Tp akhir2 ini si hammie yang cowo suka garuk2, sampe bulu dipunggungnya rada menipis skrg, tp ga parah sih,, trus skr jd sering tiba2 diem abis lari2, kaya yang bengong n lemes gt sambil tengkurep pd mlm harinya, knp ya? :(
    Trus obat kutu beli dimana? Gmana cara ngasi obat nya n cara ngasi vitamin hamster???
    Btw aku jg di denpasar,, ada YM ga? Please add me,, nookie_holmes@yahoo.com
    Thx be4.

  162. ilham mengatakan:

    haloooo smua yang hobby dengan hamster..
    gw mau sharing nich,,,gw kmrn beli hamster yang kata si mamang nya type golden,,gw jga ga tau sih coz gw blm pengalaman banget melihara hamster,,,

    yang gw pengen tanyain:
    1. bagus gak kalu hamster di kash makan jagung???
    2. kalu terlalu banyak makan kuaci dampak nya kyak gmana???
    3. ciri2 kalu hamster mau melahirkan tuh seperti apa??
    4. berapa hari sekali hamster di bersihin kandang nya???
    5. cara menernakan hamster tuh seperti apa sih..

    makash yah, mohon bantuan informasi nya…

  163. fahmi mengatakan:

    saya mau nanya,
    cara ngawinin hamster betina sama jantan itu seperti apa sih?
    media apa ajah yang dipersiapkan?

  164. caca mengatakan:

    kalo hamster sering kaya gigitin kaki atongga muter2 normalkan?

  165. kawaii_arna mengatakan:

    muup menuhin blognya neh…
    aku mo crita…aku bru aja khlgn baby hams ku untuk kdua kalinya neh…sdih bgtz deh rs ny..
    induk hams ku galak bgt..kynya dy strezzz deh..cz ank2nya dmkn mulu…udah dua kali ngelahirin tp g prnh da slmet…gmn dunk spy dy g gtu y???

  166. Hanaa Pucca Haniph mengatakan:

    kalo udh kelanjur ngasih sayur gemana?
    biasanya berapa bulan hamster mengandung?
    thx!! di blz ya!

  167. Thata mengatakan:

    mau nanya nie frenz.. aq kan punya hamster da beranak 3x jadi 10 ekor skrg..
    Pengalaman qu sih hamster qu cwe domino dan cwo cambel,ga perna makan anak kok, malah di elus” mulu.. masalah qu skrg cambel qu putih.. dya aktif bsa salto.. makanya pantat na ska kotor..>..<
    bulu na di sisir pake apa ya?? biar terawat terus..

  168. langit mengatakan:

    aq mw tanya gimana caranya ngawinin hamster..

    trus aq masih bingung sm cara ngasih makannya…

    tolong jelasin lg ya…

    makasih…

  169. langit mengatakan:

    satu lg…

    klw pengen ngawinin merka baiknya di usia berapa????

    mksh…

    ^o^

  170. Rizki mengatakan:

    aku baru mw miara haster,pgn tw dong jenis2 hamster tuh ad ap aja?

  171. my hammy mengatakan:

    benar bro..berdasarkan intuisi saya..
    ibu hammy mkn anak karena mencium bau manusia..sama seperti bau manusia yg menempel pada makanan..
    jadi ibu hammy mengira anaknya itu makanan dari tuannya juga(bukan mksud hati mnyalahkan sang tuan)

    sekedar info..mereka mkan mengandalkan penciuman..sejauh pengamatanku,,my hammy bisa nyari makan sambil merem(tutup mata)..haha..lucunya..

    smoga berguna..aku juga pemula..
    maaf kalo di bilang sok tau.itu cuma pendapat

  172. Pet_Loverz mengatakan:

    tinggal di denpasar jg? sama donk!

    jgn lupa mmpir balik ke blogku yah ^^

  173. tania tora mengatakan:

    3 hari yang lalu aku beli spasang hamster, n hari ini yang cewek mati berlumuran darah.

    waktu beli keduanya lincah dan sehat tapi kemaren mendadak yang cewek lemes

    sebelum lemes tu siangnya dy di kasih melon.

    apa melon itu penyebabnya lemesnya?
    trs dy mati bersimbah darah tuh karena dimakan yang cowo ya?
    bales ke mail ku ya makasih
    hyo_korien@yahoo.com

  174. silvia mengatakan:

    hamster itu lucu banget apalagi macam bentuknya kaya hamtaro
    iya kalau baru beli asing banget ya?

  175. silvia mengatakan:

    eh kalau hamster mau melahirkan tanda tandanya apa?
    makanan yang baik untuk hamster apa?
    kalau kandangnya kecil gak apa2kan?
    udh itu yang saya ingin tau
    good bye?

  176. RIZKY mengatakan:

    klu anak_a dah besar blh di pisahin ga ma induk_a..?

    mpe kapan ank hams tu bisa d pisahin…???

  177. susi mengatakan:

    mau tnya nih..
    aku kan punya hamster tapi ga tau cowo apa cewe??
    kalo cowo sama cewe disatuin dlm 1 kandang berantemnya lama enggak??/

  178. Nurul Hafizah mengatakan:

    jadi hamster kalau mandi tidak usah pake sabun ya? dan contoh susu hamster yg mana ya?thanks tolong di balas ke email aja

  179. Witsqa mengatakan:

    dimana aja tempat jual hamster dan keperluannya selain di Denpasar?

  180. devi mengatakan:

    saya punya 2 hamster sirian, tapi yg 1 suka tidur apa itu tanda-tanda maw mati ?

  181. bayu mengatakan:

    halo andryan, qlo hamster gw garuk2 trus sampe blu’a rontok gtu knapa ya?? bulu’a jadi kurang bagus.
    mandiin’a harus pka pasir ya??

  182. Patricia Amsjah mengatakan:

    apakah hamster mandi dengan pasir mandinya..yang dpt dibeli di pet shop ?

  183. Dark Venus mengatakan:

    Hey, pa kbrand met knal…Numpang tanx leh ga?? Q punx syrian cwe, mw’na beli lg 1 yg cwo. pngen’na mw tak jdiin 1.. biar ada tmen, coz akuarium’na luas bnget, tkut’na yg cwe bosen, thanks tas bntuan’na!!

  184. hamham mengatakan:

    halo saya baru nge blog, bisakah bergabung dengan blog saya?? saya blum tau caranya sih…^^’

  185. yulia mengatakan:

    hamsterku jenis dominan.suatu hari waktu kutinggal dirumah,pas manjat roda2 kepleset. kakinya kecepit ,badannya tergantung dgn kepala dibawah.sekarang bengkak merah dan kakinya belum bisa normal.gimana dunk

  186. yulia mengatakan:

    gimana ngobati kaki hamster yang bengkak karena kecepit?email aku dong. di jupe_jasmine@yahoo.com

  187. patriciaamsjah mengatakan:

    bagaimana cara melihat hamster dewasa…dan muda…

    e-mail saya yah di its_3@live.com

  188. Andryan Amy mengatakan:

    Sebenernya ga repot banget tau… Disini cuman ada tips2 nya… ngerawatnya mudah mudah aja kok…!

  189. themy mengatakan:

    klo hamster dari awal udah di gabung jantan dan betina engga berabtem tapi hari-hari ini kok hamsterku berantem trus???????
    mohon penjelasannya

  190. Fayth mengatakan:

    Bung, sya punya hamster tp gak tau tipenya apaan….
    warnanya putih abu2 gt……..

    Nah yang mau sya tanya, koq bulu badan bawahnya rontok y?????
    tp yang laen bagus2 aja…….

    Trus kl setiap di gabung sma jantan pasti berantem pdhl dah di comblangin ampe 4x…….
    Pengen coba masukin biro jodohaj kl dah mentok…….
    Jd solusinya???????
    Thx bgt y utk bantuannya

  191. Yustin Sampit mengatakan:

    Mau nanya, khan aku beli hamster 2 minggu yang lalu, tipe campbell 3 ekor(1jantan, 2 betina), tapi yang jantan mati gak tahu kenapa.. Jadi tinggal yang betina 2 ekor… Hikz3x….
    Lalu, kemaren aku beli lagi hamster jenis roborovsky 2 ekor(jantan dan betina),…
    Kira2 boleh gak sech mereka digabungkan dalam satu kandang semuanya…
    Coz aku cuma punya kandang besar satu(dengan mainan komplit), dan akuarium kecil(Tanpa mainan)satu…
    Saat ini aku gabungkan mereka dikandang besar, supaya bisa olahraga…
    Kira2 berantem antar jenis gak yach???
    Makasih atas jawabannya..

  192. DEKUN mengatakan:

    aq baru beli hams dominant spot(bagus ga sih tipe ini?).. trs dia masih sering gigit” klo aq mw megang dia.. T_T gmn caranya biar jinak ga gigit”, coz aq takut bgt kalo jari q bdarah.. di kasih makannya yg bagus apa merknya.. yg hrganya murah lah pastinya.. klo kasih wortel sminggu 2 kali ya? >_< kk blz ya..

    o iya hams yg aq beli..
    koq yg betina lincah
    tp yg jantan diem terus.. bangun klo dia makan doang
    gmn mw kawin klo gt – -"..
    aq baru 2 harian sih belinya..

    ^_^ mohon bimbingannya kak..

  193. Nurul Hafizah mengatakan:

    Rencananya nanti sore aku mau beli Hamster tapi kata papaku suruh kandangnya yg kecil itu blh gak?yg kedua hamster nya apa gak blh di mandiin?Plizzzzz Balas ya!

  194. aqis mengatakan:

    ih . hemster aku galak. gamau disentuh. kalo disentuh kaya yang kaget gtu. kalo dipaksa dipegang malah ngigit. gmana yah? aku bingung banget. kasian dia kalo ga dikencarin. alo ga depegang ntarnya ga kenal ma aku.
    tolong kasih tau solusinya yaa.. maksih ..

  195. NobodyKnowsMe。 mengatakan:

    Set dah. tanya duuooong..

    dulu punya hamster, tiap kali melahirkan pasti mati dimakan ibunya.

    masalahnya, aku bukan mau tanya itu. Aku punya marmut sekarang. Bulunya rontok banget. Gimana nih biar ga rontok. Trus kalo yg cewe hamil gimana? Putingnya uda mulai membesar, aku takut hamil trus anaknya mati.

    Sorry, agak OOT dan melenceng dari topik *walah sama aja kalek antara ‘OOT dan melenceng dari topik’* :lol:

    semoga bisa membantu :cry: amien, thanks before kalo uda memperhatikan saya

    • Andryan Amy mengatakan:

      Jangan disentuh makanya…. Ibunya pasti bakal memakan anaknya yang sudah tersentuh tangan manusia.

      MARMUT??? This is not place for MARMUT! And what the heck is that?????

      Okeee…. Mungkin marmut sama hamster sama: Kalau rontok, berarti tempat/kandangannya kotor…. Kabanyakan ada bakteri atau kuman yang menyebabkan marmut gatal gatal dan bulunya jadi rontok…

      Hamil??? Berarti beli sepasang dong??? Ya siapin tempat buat melahirkan dan jangan disatukandangkan dengan yang jantan… Betina sama anaknya dipisah!

  196. ica21 mengatakan:

    1. hamsterku aku mandiin ,trus langsung aku jemur di bawah matahari dan waktu kering bulunya jadi satu-satu.

    2. apakah boleh hamsterku diberi makan kuaci saja.

  197. qiqi mengatakan:

    akk pelihara hamster jenis winter br skitar 2 bln . . .
    tp knapa kok cpt bgt gendutnya.?
    apa gara2 tiap hari akk ksh hamsfood ma sayuran berbarengan?
    truz qlu hamster jenis winter ma robovski dlm satu kandang blh gag.?
    bkln branak gag.?

  198. Tom mengatakan:

    Saya mau tanya, kenapa Hamster suka sekali berlari di kincir?
    Hamster anak saya sdh saya berikan makanan import tapi kok selalu utuh ada kesan tdk pernah di makan, lalu solusinya bagaimana?
    Mohon di balas ya dan terima kasih atas perhatiaan nya

  199. R032 mengatakan:

    O iy, saya mo tanya nih,,

    1. Yg bener yg mana? Anak hamster harus dipisahin dari jantannya ato betinanya???
    2. Klo hamster dikasih makan wortel sama timun oleh ato g??

    Thx for Help…

  200. putra mengatakan:

    pada saat hamster betina hamil,, apakah hamster yang jantan wajib di pisahin ,,,??? soalnya sya kan cuma punya sepasang hamster

  201. prawita mengatakan:

    ae..berguna n keren deh infonya, thnx yak..

    btw aku me tanya:
    - aku punya jenis hamster jenis panda mocca(tau g??) n nglahrin yg pertama anaknya 1 tyus lahir lg 3, tuh normal g ceh??ato anaknya da yg dimakan cz g q pisah dr jantan, cz q lyt si jantan g jahat, gmn menurutmu?
    - kira2 klo q jual hamster q ni berapa ya harga jualnya si panda mocca ne??
    thx yah…lam kenal *WITA* ^_^

  202. cinta laura mengatakan:

    kok hamster ku anak nya cuma dua ya…?
    knp yg lain bisa sampai 8?

    trus sekarang nduknya malah misahin keduanya, yang 1 dikandang sebelah kanan, dan yang satu dikandang sebelah kiri…
    kenapa gitu ya mas?

  203. rozi mengatakan:

    mau nanya dongg..
    saya punya hamster 4 jenisnya campbell 2 panda 2. yg panda saya baru beli sekitar 1 bulan yg lalu cm kok yg jantannya bdnnya udah gemuk bgt sdgkn yg betina biasa2 aja..
    trus skr nih panda yg jantan kok lemes2 gtu kyk mau mati, it knp yah?
    dan jg saya kl ngsh mkn cm ksh kuaci aja soalny kl saya hamsfood tuh kyk jarang dimakan dia lbh lahapnya kl mkn kuaci,apakah tindakan saya salah?
    mohon bantuannya

    terima kasih…

  204. CentZ mengatakan:

    Ask:
    1.klo kawinin ham2 harus sama ras nda si?
    2.klo dalam 1 kandang ada winter tiger cowo 1, violet cowo 1, sm violet cewe 1 bole nda tu?
    3.roborovsky bs dikawinin ma ras ap aj?
    4.umur minimal bwat ham2 kawin brp?

  205. cinta laura mengatakan:

    oia, umur berapa anak hamster udah bole dipisah dari induk nya ya?

    baiknya hamster dikasih makan berapa banyak sih…
    soal nya hamster ku setiap didatengin ke kandang nya, selalu manjat2 ngegigitin kandang, jd dikirain laper, dikasih makan lg deh…

  206. Randy mengatakan:

    Mau nanya” nih!
    aku baru beberapa hari ne melihara ham-ham,ntu kan dah aku kasih makan petfood, tapi kg g dimakan ya?
    makannya cuma dikit-dikit…
    ham-ham’ku tuh jenis’e campbell,punya sepasang.
    yang cew tuh kog agrsive banget ya?suka b’tengkar…
    padahal klo tak’teliti ntu cew ga hamil kog, ga ad tanda-tanda klo lagi hamil,cust perut’e g gedhe-gedhe amat…

    Mohon bantuannya!
    ^^
    thx b’4

  207. Randy mengatakan:

    Hamster blh d’kasi makan’an’e kelinci ato g?
    petfood’nya kelinci gitu..

  208. qiqi mengatakan:

    hamster quw sering quq lari2 d kincir dah gt manjat2 . . .
    tp kok cpt gemuk?
    tp klo dya gemuk gag bahaya khan?
    oiia . . .
    kmrn aq br bli winter golden yg cwo . . .
    d satuin ma yg winter saphire yg dah lama d pelihara kok mlh berantem terus iia?
    skrg kandangnya aq pisah . . .
    gmn donk spy mreka bisa bareng?

  209. qiqi mengatakan:

    gmn dunk?
    hamster quww rajin lari d kincir . . .
    tp tetep gemuk . . .
    tp aq gmw dya cpt mati :’(
    aq uwdh syg bgt . . .

    yang saphire cwe qlu yang golden cwo…
    ntar anaknya jd jenis apa?
    nii jg lg d coba d satuin tp berantem mlo . . .
    cakar”an guling”an . . .
    malah yg golden luka gt mukanya da goresan . . .
    dah gt gmw mkn . . .
    duwh jd khawatir . . .

  210. qiqi mengatakan:

    mw tanya lagi . . .
    bedak khusus hamster ada g?
    coz aq pgn hamster quww wangi n bebas kutu . .

  211. qiqi mengatakan:

    mereka berantem hebat…
    yg golden perutnya bdarah . . .
    yg saphire idungnya dkit kcakar . . .
    uwdh aq pisahin . . .
    gmn nii.?
    kok g akur” ?
    aq tkut mreka mati gara” luka itu . . .
    gmn cr ngrawat lukanya?

  212. randy mengatakan:

    Oy..
    oy..
    hamsterku dah kawin lho!!
    biasanya klo uda kawin gitu langsung hamil ato g ya?
    cust besok-besoknya itu dah g kawin lge..
    tapi dah 3 hari ini sek blm nunjuk’in klo dah hamil..
    tp emang sih badannya rada gendutan
    tapi kog dia sek seneng maen nde kincirnya ya?
    ap gpp buat kandungannya,klo emang bener dia udah hamil?
    biasanya klo hamster hamil tuh masih suka main di kincir ato g?

    mw nanya,
    hamster ntu bs keguguran ato g ya?

  213. noviana mengatakan:

    trus kalo mau mandiin hamster nya gimana ?
    kata nya ga boleh basah basah banget .

  214. shani alvian mengatakan:

    wah hamsterku di basahin adekku nih,,,

    biar cepat karing gimana ya??

    n sekarang hamsterku lg aku jemur
    aku jemur ga papa kan?

  215. cinta laura mengatakan:

    anak hamster ku dimakan induk nya yg betina, sekarang tinggal 1 deh..

    ada kah merk buat pasir hamster?

    thx y mas…^^

  216. guntur mengatakan:

    ka klo di kandangnya gada mainan tapi tu hamster suka lari’

    apa itu jga lagi olah rga ?

  217. Putri hanan mengatakan:

    kakak(krn umurku bru 13thn) aku punya hamster mini, tapi hamsterku waktu itu mati krna diare…pdhal aku bru pelihara 1 minggu kata temanku yang punya hamster banyak mungkin karena terlalu banyak makan sayur. karena aku takut kejadian ini terulang ke hamster mini baruku yang sekarang, aku mau tau dong porsi dan apa aja makanannya dan kapan aja aku bisa kasih dia, makan soalnya hamsterku yang dulu makannya sayur terus wortel sama kangkung terus tiap abis makannannya aku kasih lagi sampai terus2san,please bales ya kak aku bingung cara merawat emon hamster ku ini…oh iya apa kalo dia gak punya temen dan pasangan bisa bikin dia strees… makasih kak….tolong bales yah

  218. ariq yuda prasetya mengatakan:

    Wah Gua gak tau nih jenis hamster gua pokoknya warnanya hitam putih lucu banget

  219. ariq yuda prasetya mengatakan:

    Kak jenis2 hamster itu apa aja sih

    Aku udah punya 15 hamster kandangnya gede2 sih tapi hamster ku diem aja setiap hari

  220. aly mengatakan:

    gue pengen jual hamster sepasang + kandang 100 ribu udah ada rumah-rumahan, botol minum kusus, tempat joging kandang nya tidak bertingkat
    berminat hubungi 02199586950
    aly

  221. Dara Dinda mengatakan:

    Aku punya hamster 8. salah satunya ada yang melahirkan, trus aku pisahin deh induk ma bayinya dari hamster lainnya. Tapi kok induk hamster itu tetap makan anaknya sih..? padahal udah aku kasih makan loch..punya tips nggak……?

  222. Hamster cute... mengatakan:

    Kemaren tuh ada hamsterku yang punya anak . Trus kata org2 ga boleh dipegang dulu . Ga bolehnya sampai kapan ya ????? Sesudah melahirkan jadi galak tuh . Skrg sih anaknya masih bayi .

  223. cied mengatakan:

    hoay.. ;)
    salam kenal,, sy udah bertahun2 ga pelihara hammy, dan skarang mulai pelihara lg,,
    mohon bimbingannya ya,, ;)

  224. vinca mengatakan:

    aq baru melihara hamster, trus mau nanya2 ni. hamsterku yang cowok kok tumbuhnya manjang ya? soalnya beda banget ama yang cewe (yang in jadi gemuk banget). hamsterku itu rame banget, biasanya yang cewe ntah kenapa ngajak berantem mulu, padahal dia yang lebih muda (aq beli yang cewe 2 minggu setelah yang cowok, dan itu pun ukurannya masih jauh lebih kecil). apa mending di pisahin?

  225. vinca mengatakan:

    tambahan, hamsterku kalo tidur kok bunyi ya? dua-duanya lagi.

  226. vinca mengatakan:

    tambahan, hamsterku kalo tidur kok bunyi ya? kayak ngerang gitu. dua-duanya lagi.

  227. Shira no ruki chaan mengatakan:

    eh … tnya dunk ….
    hrga roda ptar hmster kira2 rpa, thu. truz, hmster q, mw yg cwe, to cwo kq brantem mlu smua ny.gra2 sring brantem gto q kxi nama kea di naruto.hhahaha …. cz hmster q ada 3.2 cwo, 1 cwe.ga tw jenis apa.cwo yg 1, sering ngejer2 yg cwe, tpi ujung2 ny d ckar m yang cwe, kea naruto m sakura, truz yg cwo 1 ge, justru di dketin truz m cwe ny, ujung2 ny, yg cwe d ckar m yg cwo thu.kea sakura n sasuke.hhehe .. jadi q nama in naruto, sakura n sasuke. kdang c naruto yg sering nyakar sasuke.kea di cerita naruto beneran, klo c naruto ga mw klah dari sasuke.tpi gra2 kea gtu, tiga2 ny mesti di pisah, tkut berantem lagi.sasuke q aja mpe ada luka gtu.ga tw karna berantem to apa.knapa sih kq bisa kea gtu, n klo ga ada roda putar apa gpp??
    reply, please .. n thx b4 .. =>

  228. ori mengatakan:

    oh……………… gitu tapi kok banyak banget yg ngak bolh ………….. hemster di rumah ku mandi 3hari sekai dan ku beri kuaci,jagung, dan kacang panjagwortel,makanan khusus hemster apa…….. jagung wortel ngak boleh di kasi..? dan kenapa

  229. silenthill mengatakan:

    .lo isi blog ini cm copy paste doank kan ? .gw oda prnh buka yg aslina

  230. Alant mengatakan:

    kk numpang tnya..
    kta na jantan betina d pisah, koq ni pnya q d satuen truz gpp tuch? smpe pnya ank 5x, malah si pejantan tangguh ikut ngrawat.. ank na aq pgang2, aq angkat, aq ajk foto breng, truz aq balikin lg k induk na gpp jg, gak da yg jd santapan induk na loh..
    dr yg aq bca2 d ats koq kliatan na hamter q spesial bngetz yach.. ap kah hamster q pernah sekolah, jd gak mao maem anak na ndiri yach?
    pliz bantu aq kk.. dah bingung bngetz nich..

  231. kakCipa mengatakan:

    kak andryan…hikz…tau nggak hamsterku udah 1 thn 7 bln itu meninggal….T_T

    liat aja di blogku…
    eh kita dah lama ya ndak berantem

  232. marlet mengatakan:

    salam kenal..
    mau copas apa nggak yang penting kenalan aja dech.. :D
    nice bloglah..

  233. Iin Rostini mengatakan:

    aq mo nanya, hamsterq udah berumur 2tahunan, 2 hari lalu tiba-tiba dia ga lari2, ternyata kakinya yang satunya udah mengecil dan kering ga ada telapaknya lagi dan yang satunya lg kakinya udh menghitam..aq cobain kakinya pake propolis, kakinya yang menghitam tiba2 memerah lagi dan dia bisa jalan mskpun pincang tp kaki satunya yang mengering jadi kering bgt… kira2 hamsterq kenapa ya n obatnya apa..,kasian banget ngeliatnya..plz help me!!!!!!!!!

  234. Michaela mengatakan:

    ehm… cedih bgt de hati qu cemalam hamster u melahirkan trus ak pisa in jtn dr betina and anaknya krna dia mau makan anaknya,trus paginya anaknya yg ada4 eh mati 3 terbujur kaku.adu gimna ya supaya ng game over lagi

  235. Alant mengatakan:

    makasih kk..
    fiuh~ td na aq pikir hamster q pnya kelainan..
    ^^

  236. ubay sukasuka mengatakan:

    gimana caranya agar bulu bulu hamster tetap tebal dan halus?dan gimana caranya membuat hamster kreatif dan lincah?thx..

  237. Ananda mengatakan:

    kk, aku mao tny,… aku baru aja bli hamster jenis WW, nah tp kok dia g mau minum dr botol ya?
    Trs aku beri mknannya, makanan kering racikan warung bukan import, so what?

  238. ananda mengatakan:

    kakaaaak… aku td hbs beli hammie jnis winter white (jinaak banget), ttpi kok mrk ga minum yaa kak, pdhal makanannya kering lhoh, trus aku juga ga liat mrk makan, knp yaa?? apa malu, tp mrk sehat2 aja tuh… yg cwo olahragawan, tp yg cewek tukang molor ka,… normal ga ya?? please… aku binunn..

  239. vhie mengatakan:

    huaaaaaaaa….
    bulu hamsterQ rada rontok nich,,
    gmn cr numbuhin balik y bulu2 na

    help me T_T

  240. Fuji Chi mengatakan:

    kk’, mw nnya dnk ..
    hamster w maeren bru ngelahirin, tpi berhubung ank ny pada di dead mua, w balikin ge induknya ke kandang dia yg biasanya .. pas bru di balikin thu, dy malah breantem m ham2 yg laen. npa jd gtu ,,?? padahal dlu sbelum dia hamil n masih sekandang m hamster yg lain, mereka ga pena berantem. gara2 berantm thu ada banyak yg luka, nah pertanyaanya :
    1. ada yg luka ny mpe rontok bulu ny n keliatan
    daging ny. hu sembuhinnya gimana ??
    2. ada juga yang mpe “itu” ny bernanah, tapi ga lama pas diliat lagi, uda ilank nanahny. nah,loh ??!! what happend ???!!
    Gomen jdi menuhin blog ny .. X(
    Rrpply please …

  241. Andryan Amy mengatakan:

    1. Di rawat biasa saja. Bersihkan tiap hari dengan air hangan agar ga ada bakteri. Terus biar ga infeksi

    2. Saya ga tahu. Maaf.

    Saya hanya beri tahu yang saya tahu. Saya bukan dokter hewan soalnya hehehehehe

  242. satya krismatama mengatakan:

    Berapa y minimal umur hamster panda bwt kawin ???

  243. Axel mengatakan:

    Makasih ya tipz nya .Skarang saya bisa santai saja.Thx :-)

  244. Axel mengatakan:

    Tambahan kamu tau nga Ham – Ham (Hamster mini saya)kadeng 2 suka menggigit makanannya ke lantai atas kandangnya . Knapa & apakah ini normal.Thank you ^^

  245. saidul mengatakan:

    aku mau nanya knp hamsterku dy makan anknya pdhal z dak prnah pngan anaknya…???

  246. Farel Joew mengatakan:

    ,..Wah,..sepp,..sepp,.mantaP lo bRo,,..kencang kata2nya,..gUa skak,..tQ

  247. annisa mengatakan:

    saya punya kemle, tapi saya tidak begitu tahu tentang perawatan kemble,bagaimana caranya?

  248. marlet mengatakan:

    wah infonya banyak neh…
    kalo pengen tambahan tentang bagaimana merawat hamster aku juga ada blog neh berisikan pengalamanku tentang merawat hamster dan kendala – kendalanya dalam merawat hamster..

    CARA MERAWAT HAMSTER DENGAN BAIK DAN BENAR

  249. leurentius mengatakan:

    lima hari yg lalu hamiku ngelahirin bayi sebanyak 6 ekor dan sampai sekarang msh hidup semua ( tanggal 22 april 2010 jenis cambel) . tapi sampai sekarang juga aku belum pernah beri dia minum karena gak ada tempat minumnya , dan makanannya aku beri buncis, wortel , pelet , kwaci dan makanan burung perkutut. gimana mas pendapatmu sebaiknya aku harus gimana????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: